VIEW GUNUNG MERAPI DAN CANDI PRAMBANAN DI BUKIT KAPUR SAMBIREJO

22:53:00



Bukan objek wisata, tetapi ramai pengunjung. Inilah lokasi yang saya datangi 2 Januari 2015 lalu. Sebuah bukit kapur di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tujuan saya sebetulnya adalah Candi Ijo di kawasan yang sama. Namun, saya dengar, beberapa meter sebelum Candi Ijo, terdapat sebuah bukit kapur yang menarik untuk dikunjungi. 



Begitu saya sampai di bukit ini, ternyata sudah ada beberapa pengunjung. Mereka umumnya menjadikan Bukit Sambirejo sebagai lokasi foto-foto. Salah satu pengunjung mengaku tertarik mendatangi bukit ini setelah melihat foto-fotonya di Instagram. Tak heran, peluang ini dimanfaatkan oleh para pemuda setempat untuk membuka lahan parkir kendaraan. Setidaknya, ada yang mengamankan kendaraan pengunjung bukan? 

Penambang kapur
Bukit Sambirejo 1

Bukit Sambirejo 2
Ternyata, bukit berketinggian sekitar 30 meter ini adalah lokasi penambangan kapur secara tradisional. Salah seorang penambang kapur di tempat ini mengatakan, dulu bukit ini tak setinggi sekarang. Eksplorasi yang dilakukan terus-menerus menyebabkan tekstur bukit menjulang. Makin lama, luas bukit semakin berkurang. Bukan tidak mungkin, jika eksplorasi terus dilakukan, bukit kapur ini tinggal nama. Hehehe.

"Air terjun" 1
"Air terjun" 2
Ada beberapa bagian bukit di tempat ini. Salah satunya adalah bukit bertebing kapur yang dialiri air. Mungkin ini hanya ada pada musim hujan.  Menurut saya, bentuknya mirip air terjun. Memang  “air terjun” ini tak deras, tetapi perpaduannya dengan langit biru menjadi alasan bagi saya tak sia-sia datang ke sini. 

Para pengunjung tidak hanya berfoto di bagian bawah bukit. Beberapa di antara mereka memanjat tebing dengan peralatan sederhana milik para penambang kapur. Saya pun tergoda memanjat karena penasaran view dari puncak bukit. Dan, ternyata daya tarik bukit ini memang view indah yang bisa dinikmati dari atas bukit. Gunung  Merapi di sisi utara menjadi pemandangan yang menarik untuk diabadikan dengan kamera. Bukan hanya itu. Dengan memanfaatkan zoom kamera, saya bisa membidik Candi Prambanan di antara rimbun pepohonan. 

Candi Prambanan
Gunung Merapi
Saya dan Bukit Sambirejo
View Gunung Merapi dan Candi Prambanan merupakan kejutan tersendiri bagi saya. Saya benar-benar baru tahu keduanya dapat dilihat dari atas bukit setelah menaiki bukit ini. Bagi Anda yang juga tertarik menaiki bukit ini, hati-hati ya. Peralatan untuk memanjat sangat seadanya. Selain itu, bagian atas bukit berupa tanah gembur berumput yang rawan longsor. Utamakan keamanan! (*)

You Might Also Like

6 comments

  1. Nice info, keren juga foto-fotonya, pingin hunting photo kesana jadinya, dan aku update di blogku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks alot, Mas Arno. Semoga info di post ini membantu. Oya, apa alamat blog mas?

      Delete
  2. Sumpah bikin iri.. Sumpah juga saya baru tau Mas ada bukit kapur ini.. Jalan kesininya sebelah mana sih Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa baru tau, Mas Agung? Hehehe. Mas pernah ke Candi Ijo kan, nah bukit ini ada di desa yg sama dg Candi Ijo. Sekitar 500 meter sebelum Candi Ijo, ada jalan ke kiri. Tanya penduduk, pasti pada tau.

      Delete
  3. Kebetulan berencana mau ke Candi Ijo. Thanks buat postingannya. Jadi ada tujuan tambahan hehehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Mas Yogi. Senangnya informasi ini berguna. Have a nice trip, Mas :)

      Delete